Sunday, July 13, 2014

MMM Vs Bank


Sistem MMM Vs Sistem Bank



Sebagai mana yang sudah anda ketahui, sebuah sistem perbankan di mana bank hanya memegang sebagian kecil dari deposito sebagai cadangan. Hal ini yang kemudian dikenal dengan "fractional reserve banking" adalah menggunakan perbandingan 1 : 9 terhadap seluruh uang masyarakat yang disimpan di bank.

Sebenarnya masyarakat meminjamkan uangnya ke bank bukan menabung/menyimpan, tapi masyarakat tidak tahu & tidak diberi tahu. Dan seluruh uang masyarakat yang disimpan ke bank, disebut sebagai aset bank. Lalu aset tersebut dibagi menjadi dua bagian:
1. yang 10% mereka sebut sebagai “cadangan wajib”.
2. 90% sisanya mereka sebut sebagai “kelebihan cadangan”.

Cadangan wajib yang hanya 10% ini, kemudian mereka bagi menjadi dua bagian; sebagian disimpan di brankas dan sebagian lagi disebar ke berbagai mesin ATM, sebagai cadangan kalau setiap saat ada masyarakat yang menarik uang tunai yang mereka simpan di bank.
Dan yang 90%, karena ini adalah “kelebihan cadangan” maka bank dengan bebas menggunakannya untuk membeli sesuatu yang mereka sebut sebagai “instrumen investasi”. Dan beberapa yang paling utama adalah membeli surat utang negara, obligasi negara, sertifikat BI, & saham.

Artinya apa?
Hal itu berarti, bahwa sebenarnya dari total seluruh uang bebas yang ada di masyarakat, yaitu uang yang mereka simpan di bank, ternyata masyarakat hanya membutuhkannya di bawah 10% dari waktu ke waktu.

Kenapa demikian?? Ternyata uang tunai yang selama ini bisa kita ambil, baik melalui teller bank maupun melalui ATM hanyalah 10% dari total seluruh uang bebas masyarakat yang ada di bank. Dan itu sudah terbukti selama ini dengan adanya praktek sistem perbankan yang telah berjalan selama 3 abad lebih hingga detik ini.

Jadi, di bank hanya ada uang tunai sebesar 10% dari total nilai tabungan/deposit yang ada, yang 90% hanya berupa angka di buku tabungan Anda. Ingat 90% ini sudah mereka manfaatkan demi keuntungan mereka, bukan Anda..! Dan ternyata masyarakat yang memiliki uang bebas tersebut, secara akumulasi tidak pernah mengambil yang 90% tersebut.

0 comments:

Post a Comment